Tata Boga (Kuliner)

Program Keahlian Kuliner akan mempelajari materi tentang dasar- dasar industri kuliner, perkembangan bidang kuliner termasuk teknologi dan tren yang sedang berkembang, foodpreneurs dan job profile dibidang kuliner sehingga dapat bekerja di hotel, restoran, rumah sakit, kapal pesiar, food stylist, atau berwirausaha. Program Keahlian Kuliner merupakan wahana belajar bagi murid untuk mempelajari dasar-dasar pengetahuan bahan makanan serta teknik dan metode pengolahan makanan yang meliputi teknik memasak panas basah (moist heat) dan panas kering (dry heat) agar hasil olahan sesuai dengan standar yang telah ditentukan dengan mengikuti prinsip pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan, juga mempelajari tentang pengetahuan peralatan dapur, menu, pengetahuan dasar masakan Indonesia, Oriental, Kontinental, serta pengetahuan dasar Patiseri/pastry dan bakery. Soft skills yang dibangun adalah bagaimana mereka mencintai pekerjaan yang terkait industri kuliner, berkreativitas, membangun kerja tim, berorientasi pada kualitas yang tinggi, dan membangun suatu jaringan kerja (networking).

Pembelajaran pada Program Keahlian Kuliner dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran seperti discovery learning, inquiry learning, project based learning, problem based learning, teaching factory atau model dan metode lainnya yang relevan. Dengan model pembelajaran tersebut diharapkan dapat tercipta pembelajaran yang lebih interaktif, inspiratif dan eksploratif, sehingga memotivasi murid untuk mampu membangun sikap kolaboratif dan mandiri. Model pembelajaran yang tepat akan dapat mengembangkan bakat, minat dan renjana murid.

Program Keahlian Kuliner menekankan pada aspek-aspek softskill yang berkaitan dengan kedisiplinan, ketangguhan, dan keuletan yang diperlukan murid untuk menunjang pengembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap. Program Keahlian Kuliner membekali tamatan sebagai juru masak  yang mandiri dan siap untuk bekerja di dunia usaha dan dunia industri, melanjutkan sesuai keahliannya, dan/atau sebagai wirausaha sesuai bidangnya.

Program keahlian Kuliner di SMK Negeri 1 Panjatan memiliki fokus khusus pada kuliner, di mana murid  akan mempelajari metode dasar memsak dan teknik pengolahan yang digunakan dalam berbagai bidang seperti Kitchen, Cafe, Bakery dan Hotel. Program ini menekankan pembelajaran praktis dengan memberikan kesempatan kepada murid  untuk melakukan praktik langsung dalam dapur Tata Boga. Murid  akan belajar menggunakan peralatan dan bahan yang relevan untuk melakukan pengolahan yang menghasilkan produk yang maksimal. Murid  akan dikembangkan keterampilan dengan melayani tamu yang berkunjung, menyajikan menu dan mempersilahkan untuk menyantap menu yang telah dihidangkan dan mampu berkomunikasi dengan bahasa asing (bahasa inggris). Program ini mengajarkan murid  tentang pentingnya keamanan dan kualitas dalam melakukan pengolahan. Mereka akan mempelajari prosedur keselamatan kerja di dalam dapur. Program ini mengintegrasikan ilmu pengetahuan kuliner dengan teknologi terkini yang digunakan dalam pengolahan makanan. Murid  akan belajar tentang perkembangan terbaru mengenai perkembangan menu maupun resep dan peralatan.

SMK Negeri 1 Panjatan menjalin kerjasama dengan industri terkait untuk memberikan kesempatan magang bagi murid  dalam lingkungan nyata. Hal ini memungkinkan murid  untuk mengalami situasi kerja sebenarnya dan mendapatkan wawasan praktis tentang kebutuhan industri dalam bidang kuliner. Karakteristik-karakteristik tersebut, program keahlian Kuliner di SMK Negeri 1 Panjatan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja dan mampu menghadapi tuntutan pekerjaan di industri atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dalam bidang Kuliner.